You are here: Home » Uncategorized » 4 Alat yang Dapat Membantu untuk Mengantisipasi Kebakaran di Rumah

4 Alat yang Dapat Membantu untuk Mengantisipasi Kebakaran di Rumah

Kebakaran adalah salah satu musibah yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Selain itu kebakaran dapat terjadi tanpa diduga sebelumnya. Sudah banyak terjadi kebakaran rumah yang disebabkan oleh kelalaian penghuni rumah. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran. Alat-alat seperti smoke detector dan alarm kebakaran sangat berguna untuk mengantisipasi kebakaran. Berikut adalah 4 alat yang dapat membantu untuk mengantisipasi kebakaran di rumah.

1. Smoke Detector

Smoke Detector atau alarm asap adalah alat yang mendeteksi adanya asap di dalam ruangan dalam jangkauan alarm tersebut. Biasanya, alat ini dipasang di langit-langit dan bekerja dengan sensor. Alarm asap juga bisa dipasang di semua area rumah, tidak hanya dapur, tetapi juga bisa di dalam maupun luar kamar tidur. Alarm asap yang berfungsi dengan baik dapat mencegah terjadinya kebakaran dan dapat memberikan tanda-tangan adanya kemungkinan terjadinya kebakaran di tahap yang paling awal. Sekarang juga sudah tersedia alarm asap yang tersambung dengan wifi sehingga bisa dikontrol melalui smartphone penggunanya.

2. Alarm Kebakaran

Alarm kebakaran dapat digunakan untuk memberitahukan setiap orang tentang adanya bahaya kebakaran pada suatu tempat. Alarm kebakaran biasanya akan mengeluarkan bunyi yang sangat keras agar orang-orang di sekitar menyadari adanya kebakaran dan melakukan evakuasi atau melakukan tindakan darurat untuk memadamkan dan mengontrol penyebaran api dan asap.

3. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api dengan tujuan untuk mengendalikan kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. APAR dapat diletakkan di tempat-tempat yang mudah terlihat dan mudah dijangkau agar saat terjadi kebakaran, alat tersebut dapat dengan mudah digunakan. Ada 4 jenis APAR yaitu: APAR Jenis Air (Water) yang merupakan APAR yang diisikan dengan air yang memiliki tekanan tinggi, APAR Jenis Busa adalah jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa, APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium dan ammonium sulphate, APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya.

4. Sprinkler

Sprinkler adalah alat yang akan memancarkan air secara otomatis jika terjadi pemanasan pada suhu tertentu di daerah yang terdapat alat ini. Biasanya sprinkler diletakkan di langit-langit rumah yang berfungsi untuk memadamkan api dengan menggunakan air yang dipancarkan.

Itulah 4 alat yang dapat membantu untuk mengantisipasi kebakaran di rumah. Selain itu jangan lupa untuk memeriksa aliran listrik untuk menghindari terjadinya kebakaran yang dipicu oleh arus listrik.