You are here: Home » Bisnis » Cara Efektif Membuat Promosi Penjualan Agar Cepat Viral

Cara Efektif Membuat Promosi Penjualan Agar Cepat Viral

Membuat promosi penjualan yang efektif sangat penting untuk menarik minat konsumen. Dengan daya tarik inilah konsumen akan mencari tahu informasi detail produk sehingga diharapkan terjadi penjualan.

Tak sedikit kisah para pengusaha sukses yang harus dilalui melalui proses yang panjang dan berliku. Selain daya tahan yang harus kuat, keberhasilan usaha juga ditentukan kreativitas dan ide-ide yang out of the box alias sedikit gila.

Berapa banyak usaha yang harus berganti usaha meskipun baru dirintis. Tak sedikit pula bisnis yang akhirnya gulung tikar karena tidak mampu mencapai target penjualan yang tetap ditetapkan.

Promosi merupakan salah satu sarana yang sangat menentukan penjualan produk. Karena itu dalam membuat promosi penjualan tidak bisa dilakukan asal-asal dan apa adanya. Dibutuhkan ide yang kreatif agar konsumen tertarik untuk membeli produk kita.

Cara Membuat Promosi Penjualan yang Menarik

Kalimat dan kata-kata promosi merupakan unsur pertama yang akan diperhatikan konsumen. Baik promosi melalui media audio visual maupun media cetak. Termasuk promosi online di berbagai platfrom media.

Dalam membuat kalimat promosi yang tepat harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Baik berdasarkan jenis produk, media iklan yang digunakan, maupun kebutuhan konsumen yang akan membelinya.

Promosi yang menarik akan memudahkan untuk menjadi viral. Apalagi dengan mudahkan orang mengakses internet. Berikut ini beberapa cara membuat promosi penjualan yang menarik dan agar cepat menjadi viral.

Membuat Judul Promosi yang Menarik

Judul iklan atau promosi merupakan hal pertama yang akan dibaca dan dilihat oleh konsumen. Namun karena iklan promosi Anda bersaing dengan ratusan iklan lainnya, maka pemilihan judul yang tepat bisa sangat menentukan.

Meskipun terkesan sederhana, membuat judul promosi tidaklah mudah. Selain harus mewakili isi iklan, namun judul harus menarik. Berikut ini beberapa tips membuat judul promosi penjualan yang berpotensi menjadi viral.

Judul dalam Bentuk Pertanyaan

Kalimat judul dalam bentuk pertanyaan akan memancing rasa penasaran konsumen untuk mengetahui jawabannya. Apalagi orang Indonesia dikenal kepo dan selalu ingin tahu sehingga judul semacam ini tentu akan menarik perhatian.

Judul yang Memberikan Solusi

Judul promosi juga harus menyiratkan adanya solusi yang dibutuhkan konsumen. Seperti produk herbal atau kecantikan, manfaat atau khasiat produk yang akan memberikan solusi harus tercantum dalam judul.

Membuat Promosi yang Memberikan Kejutan

Dalam membuat promosi penjualan Anda juga perlu memberikan efek kejutan. Apalagi Anda juga bersaing dengan iklan lain dalam menarik minat konsumen. Kata-kata kejutan ini akan membuat orang penasaran untuk mengetahuinya.

Ada banyak unsur kejutan yang bisa direncanakan, seperti dengan memilih atau menggunakan kata ‘rahasia’,  ‘keunggulan’, tahu yang lainnya. Anda bisa mencari referensi lainnya melalui iklan pesaing atau di internet.

Promosi yang Memancing Emosi

Promosi yang efektif tak hanya yang mengejutkan namun juga memancing emosi. Jika produk Anda tentang perawatan wajah, Anda bisa memilih kata-kata atau kalimat tentang dampak jerawat terhadap cinta atau persahabatan.

Memainkan emosi dan perasaan konsumen merupakan keahlian para copywriter. Karena itulah tak sedikit iklan promosi yang tak jarang menyebalkan namun juga membuat penasaran konsumen.

Mengungkapkan Fakta

Membuat promosi penjualan tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tanpa bukti. Adanya unsur kebohongan justru bisa menjadi bumerang yang akan merugikan citra produk Anda yang sedang dibangun.

Menampilkan Hal Praktis dan Sederhana

Kebanyakan orang lebih menyukai kepraktisan yang sederhana. Termasuk solusi yang diinginkannya. Seperti keinginan wanita untuk tampil cantik, mereka membutuhkan solusi praktis yang sederhana saja. Karena itu hindari kalimat yang berbelit dan tak jelas.

Itulah beberapa langkah dan cara membuat promosi penjualan yang menarik dan efektif untuk mendongkrak penjualan. Kalimat promosi yang menggelitik emosi bahkan tak jarang cepat menjadi viral sehingga berpotensi menaikkan penjualan produk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.